Pengaruh Label Halal dan Country of Origin Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Skincare Safi di Indonesia)

Main Author: Niagara, Cendy Nuraulia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/177782/1/Cendy%20Nuraulia%20Niagara.pdf
http://repository.ub.ac.id/177782/
Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pegaruh Label Halal terhadap Keputusan Pembelian, (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Country of Origin terhadap Keputusan Pembelian, dan (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Label Halal dan Country of Origin terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi Label Halal, Country of Origin, dan Keputusan Pembelian. Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah wanita berusia di 18 tahun ke atas, beragama Islam, mengetahui bahwa skincare Safi berasal dari Malaysia, dan pernah membeli serta menggunakan produk skincare Safi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 responden yang diambil menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner online. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deksriptif dan analisis regresi linear berganda (multiple linear regression analysis). Data pada penelitian ini diolah menggunakan aplikasi SPSS 21 for Windows. Hasil analisis regresi linear berganda (multiple regression analysis) menunjukkan bahwa Label Halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Country Of Origin berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Label Halal dan Country Of Origin berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan penelitian ini disarankan bagi perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan konsumen di Indonesia yang mayoritas beragama Islam dengan menyampaikan informasi mengenai kehalalan produk menggunakan label halal resmi BPOM MUI yang dicantumkan pada kemasan, terutama pada produk impor dan meningkatkan kegiatan iklan atau promosi mengenai keunggulan yang dimiliki negara asal produk secara masif untuk meningkatkan identitas dan pengetahuan konsumen tentang negara asal produk.