Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunkan Mobile Banking (Studi Pada Nasabah PT Bank Central Asia Tbk di Kota Malang)
Main Author: | Imanto, Tedo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/177772/1/Tedo%20Imanto.pdf http://repository.ub.ac.id/177772/ |
Daftar Isi:
- Mobile banking adalah salah satu bagian dari e-banking yang merupakan layanan informasi perbankan via wireless paling baru yang ditawarkan pihak bank dengan menggunakan teknologi hand phone untuk mendukung kelancaran dan kemudahan kegiatan perbankan. Minat nasabah terhadap penggunaan mobile banking dilandasi oleh berbagai faktor antara lain Persepsi, Persepsi Kemanfaatan, Kenyamanan dan Ketersediaan Fitur. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) pengaruh Persepsi Kemudahan terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking, (2) pengaruh Persepsi Kemanfaatan terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking, (3) pengaruh Kenyamanan terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking, (4) pengaruh Ketersediaan Fitur terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking, (5) pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Kenyamanan dan Ketersediaan Fitur terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking. Jenis penelitian ini dilakukan menggunakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Kenyamanan, Ketersediaan Fitur dan Minat Menggunakan. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 97 reponden dari nasabah Bank BCA yang mengetahui dan pernah menggunakan layanan mobile banking Bank BCA. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel Persepsi Kemanfaatan memiliki pengaruh signifikan terhadap Minat Menggunakan. (2) variabel Persepsi Kemanfaatan memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap Minat Menggunakan. (3) variabel Kenyamanan memiliki pengaruh signifikan terhadap Minat Menggunakan. (4) variabel Ketersediaan Fitur memiliki pengaruh signifikan terhadap Minat Menggunakan. (5) variabel Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Kenyamanan dan Ketersediaan Fitur secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap Minat Menggunakan.