Pengaruh Persistensi Laba, Struktur Modal dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Earning Response Coefficient (ERC) (Studi Pada Badan Usaha Milik Negara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Menggunakan Pedoman Global Reporting Initiative (GRI) G4 Periode 2013-2016)
Main Author: | Wahyuni, Ajeng |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/177696/1/Ajeng%20Wahyuni.pdf http://repository.ub.ac.id/177696/ |
Daftar Isi:
- Informasi laba secara tegas memiliki manfaat untuk menilai kinerja manajemen, membantu mengestimasi kemampuan laba yang representative dalam jangka panjang, memprediksi laba dan menaksir resiko dalam investasi atau kredit. Earnings Response Coefficient (ERC) menjadi salah satu alat ukur untuk mengukur kualitas laba. ERC dapat menjadi informasi yang penting bagi investor dalam pengambilan keputusan karena ERC mencerminkan kekuatan hubungan antara laba dengan harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh dari persistensi laba, struktur modal dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Earnings Response Coefficients (ERC). Objek penelitian pada penelitian ini adalah Badan Usaha Milik Negara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013–2016, yang berjumlah 20 perusahaan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 8 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa persistensi laba, struktur modal dan CSR secara simultan berpengaruh signifikan terhadap ERC dengan tingkat signifikansi 0,002. Persistensi laba secara parsial berpengaruh signifikan terhadap ERC dengan tingkat signifikansi 0,036. Struktur modal secara parsial berpengaruh signifikan terhadap ERC dengan tingkat signifikansi 0,046 dengan arah yang negatif. CSR secara parsial berpengaruh signifikan terhadap ERC dengan tingkat signifikansi 0,037.