Pengaruh Kongruensi Diri dan Dukungan Selebriti terhadap Loyalitas Merek dengan Sikap Merek sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Konsumen Merek Mode Lokal, Cotton Ink di Indonesia)

Main Author: Parwati, Kardina Yudha
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/177688/
Daftar Isi:
  • Sektor ekonomi kreatif merupakan sektor yang akan menjadi unggulan Indonesia di masa depan. Salah satu sub-sektor ekonomi kreatif yang saat ini sedang berkembang pesat adalah mode, khususnya pada lini ready-to-wear. Potensi pasar yang besar dan kemajuan teknologi yang pesat membuat persaingan antar binis mode ready-to-wear semakin kompetitif, sehingga agar dapat bertahan dan berkembang di tengah persaingan yang kompetitif usaha tersebut harus meningkatkan loyalitas konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan variabel-variabel yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap suatu merek mode ready-to-wear lokal, untuk itu penelitian ini menggunakan konsumen Cotton Ink di Indonesia sebagai obyek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online kepada 220 responden yang menjadi sampel. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode Partial Least Square. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah: kongruensi diri, dukungan selebriti, sikap merek, dan loyalitas merek. Hubungan antar variabel dalam penelitian ini dibangun berdasarkan Model Kongnisi, Afeksi, dan Perilaku. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kongruensi diri dan dukungan selebriti dapat mempengaruhi sikap merek, namun dukungan selebriti tidak dapat mempengaruhi loyalitas merek secara langsung. Penelitian ini juga menemukan bahwa sikap merek dapat menjadi mediasi pengaruh kongruensi diri dan dukungan selebriti terhadap loyalitas merek.