Pengaruh Persepsi Pengenaan Cukai atas Kantong Plastik Terhadap Green Behaviour Masyarakat Di Kota Malang
Main Author: | Baleya, Eldy Elfredo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/177681/1/Eldy%20Elfredo%20Baleya.pdf http://repository.ub.ac.id/177681/ |
Daftar Isi:
- Pertumbuhan jumlah penduduk, aktivitas, dan gaya hidup masyarakat yang beragam mengakibatkan meningkatnya konsumsi plastik di masyarakat. Peningkatan konsumsi plastik yang terjadi terus menerus dapat menyebabkan permasalahan sampah plastik yang berbahaya bagi lingkungan dan mahkluk hidup. Hal ini dapat diatasi dengan adanya peran pemerintah (government intervention) sebagai pembuat kebijakan (policy maker). Salah satu kebijakan yang dapat dilakukan pemerintah adalah dengan mengenakan cukai atas kantong plastik. Pengenaan cukai atas kantong plastik akan meningkatkan harga kantong plastik. Peningkatan harga kantong plastik dapat menyebabkan berkurangnya permintaan atas konsumsi kantong plastik yang berarti dapat mengurangi penumpukkan sampah plastik. Berkurangnya penggunaan kantong plastik di masyarakat menandakan bahwa adanya peningkatan perilaku ramah lingkungan (green behaviour) pada masyarakat. Hal ini terjadi karena adanya persepsi yang timbul di masyarakat akibat dari kebijakan cukai kantong plastik. Persepsi ini yang memberikan kontrol secara langsung kepada perilaku masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi pengenaan cukai atas kantong plastik terhadap green behaviour masyarakat di Kota Malang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel bebas (independent variable) dan variabel terikat (dependent variable). Adapun variabel bebasnya, yaitu persepsi pengenaan cukai atas kantong plastik (PERCEPTION) dan variabel terikatnya adalah green behaviour masyarakat di Kota Malang (BEHAVIOUR). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory research. Lokasi penelitian di 5 brand toko ritel yang terdaftar pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang, yaitu: 1) Alfamart, 2) Indomaret, 3) Superindo, 4) Giant, 5) Hypermart. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari kuesioner yang dibagikan kepada responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan jumlah sampel sebanyak 250 responden melalui teknik quota sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi pengenaan cukai atas kantong plastik berpengaruh signifikan terhadap green behaviour masyarakat di Kota Malang. Adapun pengaruh yang diberikan sebesar 5,8%, sedangkan sisanya 94,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak ada dalam penelitian ini. Hasil penelitian juga menunjukkan setiap penambahan 1% nilai variabel PERCEPTION, maka nilai variabel BEHAVIOUR bertambah sebesar 0,290.