Peran Attitude Sebagai Mediasi Environmental Knowledge Dan Green Brand Image Terhadap Green Purchase Intention (Studi Pada Konsumen Potensial The Body Shop Di Manado)

Main Author: Indriani, Ida Ayu Debora
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/177677/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berfokus pada peran pengetahuan lingkungan dan citra merk hijau dalam mendorong minat pembelian produk hijau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh environmental knowledge dan green brand image terhadap green purchase intention baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui attitude towards green product. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Manado, yang mengetahui The Body Shop dan menjadi konsumen potensial. Sampel dalam penelitian ini masuk dalam kategori purposive sampling, dimana responden ditentukan berdasarkan kriteria tertentu. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan aplikasi software smartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green brand image merupakan variabel penting untuk meningkatkan green purchase intention, begitu juga hasilnya pada hubungan tidak langsung melalui attitude towards green product. Berdasarkan temuan ini, attitude towards green product dinyatakan sebagai mediasi parsial. Lebih lanjut, environmental knowledge juga merupakan variabel penting, namun environmental knowledge harus mampu mendorong attitude towards green product yang positif terlebih dahulu untuk kemudian dapat memengaruhi green purchase intention. Berdasarkan hasil tersebut, maka attitude towards green product dinyatakan sebagai mediasi penuh.