Faktor Lingkungan Usaha Dan Strategi Bersaing Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha (Studi Pada UMKM di Kota Malang)
Main Author: | Stevanus, Victor Novan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/177625/ |
Daftar Isi:
- Industri kecil dan menengah telah tumbuh dan berkembang dengan cepat dari waktu ke waktu. Perkembangan Industri kecil dan menengah yang semain pesar berdampak pada kompetisi yang semakin meningkat. Kompetisi yang semakin ketat menyebabkan pemilik usaha kecil harus lebih memperhatikan lingkungan usahanya dan bagaimana strategi bersaing yang efektif untuk mendapatkan keunggulan bersaing dan kinerja usaha yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah menguji dan menjelaskan (1). Pengaruh Lingkungan Usaha dan Strategi Bersaing terhadap Keunggulan Bersaing, (2). Pengaruh Lingkungan Usaha, Strategi Bersaing dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Usaha. Lokasi Penelitian adalah di Ko ta Malang dengan Obyek Penelitian di UMKM di Kota Malang. Populasi penelitian adalah Pemilik Industri atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM di Kota Malang. Keseluruhan Populasi adalah 480 UMKM dan sampel yang di gunakan dalam Penelitian ini berdasarkan atas rumus slovin, diperoleh 218 UMKM. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Path dan Analisis Faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan Lingkungan Usaha terhadap Kinerja Usaha di UMKM di Kota Malang. Bahwa semakin baik Lingkungan Usaha akan mampu meningkatkan Kinerja Usaha. Lingkungan Usaha juga berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing, demikian juga Keunggulan Bersaing berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Usaha. Berarti Keunggulan Bersaing menjadi mediasi sebagian ingkungan Usaha terhadap Kinerja Usaha. Hasil selanjutnya adalah Strategi Bersaing terbukti berpengaruh signifikan terhadao Keunggulan Bersaing, namun berpengaruh tidak signifikan terhadap Kinerja Usaha. Artinya Strategi Bersaing yang baik harus memberikan Keunggulan Bersaing terlebih dahulu, dan selanjutnya akan meningkatkan Kinerja Usaha.