Implementasi Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Kesehatan (Studi Pada Puskesmas Kendalsari)
Main Author: | Lorentina, Bella Ayunda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/177608/1/ABSTRAK_BELLA%20AYUNDA%20LORENTINA_125030100111046.pdf http://repository.ub.ac.id/177608/2/Bella%20Ayunda%20Lorentina.pdf http://repository.ub.ac.id/177608/ |
Daftar Isi:
- Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) mengamanatkan pembentukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang merupakan badan hukum yang memiliki tujuan mewujudkan terselenggaranya pemberian jaminan untuk terpenuhinya kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap peserta dan/atau anggota keluarganya. BPJS Kesehatan menggunakan sistem berjenjang, masyarakat harus berobat di faskes tingkat 1 salah satunya yaitu puskesmas. Puskesmas sebagai penyelenggara program BPJS lebih mengutamakan upaya preventif dan promotif baik melalui Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) maupun Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP). Upaya tersebut diselenggarakan dengan menitikberatkan pada pelayanan bagi masyarakat luas guna mencapai derajat kesehatan yang optimal tanpa mengabaikan kualitas pelayanan kepada perorangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program BPJS Kesehatan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Kendalsari dan apa sajakah faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi program BPJS Kesehatan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di puskesmas Kendalsari. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa yang pertama terdapat kesesuaian antara Program BPJS dan Puskesmas Kendalsari selaku organisasi pelaksana program, yang kedua terdapat kesesuaian antara program dengan masyarakat selaku kelompok sasaran program. Dan yang terakhir terdapat kesesuaian antara masyarakat sebagai kelompok sasaran dengan puskesmas selaku organisasi pelaksana program. Program BPJS Kesehatan sudah dilaksanakan dengan baik oleh Puskesmas Kendalsari meskipun terdapat beberapa kekurangan dalam proses pencairan dana klaim yang harus melalui prosedur yang rumit. Program BPJS membantu Masyarakat untuk dapat menjangkau pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan. Masyarakat juga dimudahkan oleh puskesmas, karena prosedur pelayanan yang mudah.