Analisis Strategi Bauran Pemasaran Internasional Produk Lilin Ukir (Studi pada Toko Souvenir Diandra Candle)

Main Author: Qamarani, Syabibah Yusrina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/177594/1/Syabibah%20Yusrina%20Qamarani.pdf
http://repository.ub.ac.id/177594/
Daftar Isi:
  • Bangkitnya usaha kecil dan menengah ke dunia internasional menjadi trend yang penting karena dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi negara. Hal ini mengharuskan unit bisnis mampu merancang sebuah strategi dalam upaya menangkap setiap kesempatan pasar yang ada. Strategi pemasaran merupakan bagian penting dalam suatu unit bisnis karena berdampak pada tingkat penjualan, produksi produk, sistem distribusinya dan secara tidak langsung berdampak pada tingkat pendapatan. Dalam penggunaan strategi pemasaran internasional untuk membidik target pasar dengan tepat, unit bisnis perlu memperhatikan bauran pemasaran produknya. Produksi lilin merupakan salah satu industri yang berkembang di Indonesia. Dengan kemudahan dalam memperoleh bahan baku, kebijakan pajak yang bersahabat dan tingginya jumlah tenaga kerja yang tersedia, Indonesia berpeluang besar menjadi negara pengekspor produk lilin yang berhasil di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi bauran pemasaran internasional Diandra Candle dan pengembangan strategi pemasaran internasionalnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada Toko Souvenir Diandra Candle Jl. Danau Bratan Timur I No. B2, Sawojajar, Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT menggunakan matriks IFAS, EFAS, IE dan matriks TOWS Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor unit usaha malakukan ekspor karena adanya peluang laba yang lebih tinggi pada pasar internasional. Unit usaha mengimplementasikan taktik bauran pemasaran dengan berbagai cara. Unit usaha meningkatkan dan mengembangkan desain produk dengan mempertimbangkan faktor sosiokultural, hukum, ekonomi dan faktor lingkungan. Unit usaha menentukan harga jual produknya dengan metode patronage oriented pricing yang bertujuan untuk menarik lebih banyak pembeli. Untuk mengirimkan produknya ke luar negeri, Unit usaha bekerja sama dengan perusahaan penyedia jasa ekspedisi luar negeri. Kegiatan promosi yang digunakan adalah periklanan, personal selling, dan publisitas. Melalui analisis SWOT, kekuatan terbesar unit usaha merupakan kemampuannya dalam menjual produk secara online dan kelemahan terbesarnya adalah keterbatasan tenaga pengrajin. Selain itu peluang terbesar unit usaha adalah banyaknya online marketplace yang tersedia dan ancaman terbesar unit usaha adalah munculnya produk pengganti. Kemudian berdasarkan analisis internal-eksternal unit usaha, Toko Souvenir Diandra Candle berada pada sel IV (“Growth and Build”) sehingga alternatif strategi yang dapat diberikan adalah mencari alternatif bahan baku lain, pengembangan produk dan penetrasi pasar.