Perkembangan Kajian Komunikasi Pemasaran Di Kota Malang (Meta Analisis Pada Skripsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Pemasaran di Kota Malang Tahun 2014 - 2018)

Main Author: Rahmawati, Rezki
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/177545/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian meta analisis terhadap perkembangan kajian komunikasi pemasaran di Kota Malang pada tahun 2014-2018. Penelitian ini bertujuan memetakan perkembangan kajian sehingga dapat menjadi referensi untuk mengembangkan kajian komunikasi pemasaran dimasa yang akan datang. Melalui pendekatan filsafat komunikasi, sebanyak 229 skripsi dari tiga universitas dianalisis untuk melihat perkembangan kajian komunikasi pemasaran dengan membandingkan paradigma penelitian, metode penelitian, serta teori yang digunakan. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretatif dan metode kualitatif untuk mendeskripsikan makna dibalik skripsi bidang komunikasi pemasaran yang sudah ada. Hasil penelitian menunjukkan paradigma positivistik, dan metode kualitatif tercatat paling banyak digunakan dalam skripsi dengan tema komunikasi pemasaran, kendati demikian masih banyak skripsi yang tidak mencantumkan paradigm yang digunakan dalam penelitian pada bab III. Terdapat beberapa hal menarik yang ditemukan dalam penelitian ini yakni penggunaan teori komunikasi yang masih sedikit, terdapat “spirit” positivis dalam pengerjaan skripsi dengan paradigma interpretatif, serta adanya universitas yang belum memahami benar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), sehingga dalam proses pengajaran belum berusaha memenuhi jenjang kualifikasi yang ditetapkan oleh KKNI. Hal ini dibuktikan dengan penguasaan konsep teoritis yang kurang mendalam yang tercermin dalam pengerjaan skripsi mahasiswa.