Analisis Pengembangan Strategi Bersaing Menggunakan Pendekatan Meta-SWOT pada PT. Astika Mentari Farma
Main Author: | Laongan, Claudinia Cantika Ovilia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/177509/1/Claudinia%20Cantika%20Ovilia%20Laongan.pdf http://repository.ub.ac.id/177509/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengembangan strategi bersaing yang tepat digunakan oleh PT.Astika Mentari Farma dengan menggunakan pendekatan Meta-SWOT yang menganalisis dua faktor lingkungan yaitu lingkungan internal menggunakan analisis Resource Based View dan lingkungan eksternal menggunakan analisis PESTEL. Informan penelitian dari PT.Astika Mentari Farma adalah direktur , kepala bagian keuangan, kepala bagian pemasaran, kepala gudang, apoteker penanggung jawab, salesman, bendahara, dan pelanggan. Informan penelitian dari perusahaan pesaing utama (PT.Binasa) adalah direktur. Data diperoleh dari observasi langsung, wawancara mendalam, kuesioner, studi literatur, dan dokumentasi. Hasil analisis Resource Based View menunjukkan bahwa sumber daya dan kapabilitas PT.Astika Mentari yang jarang dimiliki oleh pesaing, sulit ditiru oleh pesaing dan sudah dikelola dengan baik oleh perusahaan ada 14 yaitu harga jual yang dapat bersaing, sistem pembayaran cash dan non cash, excellent service, brand awareness, personal selling, perluasan pasar, pemasok utama, teknologi informasi, procurement management, quality assurance, employee training and development, skill of human relation, work culture, dan loyalitas karyawan. Hasil analisis PESTEL menunjukkan bahwa faktor-faktor eksternal yang dapat memberikan peluang maupun ancaman untuk PT.Astika Mentari Farina adalah potensi industri farmasi besar, adanya program JKN dan percepatan restitusi, platform inovasi teknologi baru, penggunaan packaging ramah lingkungan, ketidakstabilan ekonomi di Indonesia, lemahnya pengawasan peredaran obat dari BPOM, dan regulasi penjualan obat melalui media online. Berdasarkan hasil analisis Meta-SWOT, PT.Astika Mentari Farma berada pada kuadran I grand ,strategy matrix maka pengembangan strategi bersaing yang tepat dilakukan adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk. Strategi penetrasi pasar PT.Astika Mentari Farina adalah menambah jumlah tenaga kerja, mempertahankan harga jual, dan meningkatkan promosi. Strategi pengembangan pasar PT.Astika Mentari Farina adalah membuka cabang gudang atau kantor di luar kota Makassar. Strategi pengembangan produk PT.Astika Mentari Farina adalah menambah jenis produk obat untuk dijual.