Analisis Potensi Wisata Kuliner Dan Belanja Sebagai Daya Tarik Wisata Minat Khusus Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Pada Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah)

Main Author: Astika, Febryanti Nur Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/177473/1/Febryanti%20Nur%20Putri%20Astika.pdf
http://repository.ub.ac.id/177473/
Daftar Isi:
  • Pariwisata merupakan salah satu sektor yang sedang berkembang saat ini di Indonesia. Pengembangan pariwisata di Indonesia dilakukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi serta memiliki peran strategis yang mendorong peningkatan penerimaan devisa negara sehingga dapat dijadikan sebagai penghasil devisa negara terbesar. Salah satu daerah yang sedang melakukan pengembangan pariwisata adalah Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Kecamatan Lasem memfokuskan wisata kuliner dan wisata belanja untuk dijadikan destination branding dengan menentukan segmentasi wisatawan yang akan dibidik sehingga dapat berdampak pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Kecamatan Lasem. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui, menguraikan, dan menganalisis pengembangan wisata kuliner dan belanja di Kecamatan Lasem (2) untuk mengetahui, menguraikan, dan menganalisis strategi segmentasi wisatawan di Kecamatan Lasem (3) untuk mengetahui, menguraikan, dan menganalisis strategi yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan wisata kuliner dan belanja dalam pembentukan new brand Kecamatan Lasem. Strategi yang dilakukan dalam pembentukan new brand Kecamatan Lasem adalah sebagai berikut (1) pemetaan produk kuliner dan belanja, (2) membuat sentra kuliner dan belanja, (3) memberi identitas sentra, (4) memasarkan brand melalui media, (5) dievaluasi dan ditinjau kembali pembentukan brand tersebut. Berdasarkan uraian, peneliti memberikan beberapa rekomendasi untuk pembentukan new brand Kecamatan Lasem dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Masyarakat membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang dapat membantu dalam pembentukan brand Kecamatan Lasem, Pemerintah memberikan sosialisasi atau pelatihan pada masyarakat, membuat konsep unik dan khas berkaitan dengan kuliner dan belanja, serta bekerja sama mempromosikan destinasi wisata kepada wisatawan.