Business Intelligence System (Bis) Berbasis Critical Succes Factor (Csf) Dengan Modified Particle Swarm Optimization (M-Pso) Pada Poliklinik Universitas Brawijaya

Main Author: Nugraha, Bagas Satya Dian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/177303/
Daftar Isi:
  • Sektor pelayanan kesehatan merupakan salah satu sektor bidang jasa yang kini memiliki perkembangan pesat dan konstan. Didalam sektor ini banyak isu yang harus dihadapi oleh manajemen pelayanan kesehatan. Selain masalah penyakit, hal utama yang menjadi perhatian adalah mutu penyelenggaraan layanan. Mutu layanan yang diberikan oleh penyelenggara medis harus dapat berkembang dan meningkat seiring dengan kebutuhan masyarakat akan kesehatan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah upaya untuk meningkatkan mutu layanan. Dalam upaya peningkatan mutu sehingga mencapai standar yang telah ditentukan oleh peraturan menteri kesehatan nomor 46 tahun 2015, maka penyelenggara layanan kesehatan dituntut untuk memiliki strategi pengembangan. Pada penelitian ini dibangun Business Intelligence System (BIS) yang mampu menghasilkan strategi pengembangan sebagai upaya peningkatan mutu pada pelayanan kesehatan. Sebagai studi kasus dipilih Poliklinik Universitas Brawijaya yang merupakan unit pelaksana non-akademik penyelenggara layanan kesehatan dalam lingkup wilayah Universitas Brawijaya. Sistem dikombinasikan dengan kecerdasan buatan yaitu Modified Particle Swarm Optimization (M-PSO). M-PSO merupakan salah satu pengembangan dari teknik optimasi Particle Swarm Optimization (PSO) yang didasarkan pada kelemahan yang dimunculkan oleh PSO umum dalam menangani permasalahan yang kompleks. Algoritma ini menggunakan konsep subpopulasi, dimana populasi yang utuh dibagi menjadi beberapa subpopulasi untuk menyelesaikan fungsi multimodal. Dengan menggunakan metode ini, setiap populasi secara terpisah dapat menemukan solusi terbaik masing-masing, bukan sebagai partikel terbaik dari keseluruhan populasi. Sistem didasarkan pula pada parameter penting yaitu Critical Success Factor (CSF) dan Key Performance Indicator (KPI) yang digunakan untuk membantu sistem dalam melakukan penilaian dan pengambilan keputusan. Hasil dari penelitian ini adalah strategi pengembangan berupa kegiatan dan aktivitas yang perlu dilakukan untuk menunjang peningkatan mutu pelayanan kesehatan.