Analisa Faktor Pelayanan Keperawatan yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien BPJS di IGD RSUD Dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan

Main Author: Akbar, Dian Rahmadin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/177297/1/Dian%20Rahmadin%20Akbar%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/177297/
Daftar Isi:
  • Kepuasan pasien merupakan indikator baik atau buruknya kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh penyedia jasa layananan kesehatan. Rata-rata yang didapatkan dari beberapa rumah sakit di Indonesia menunjukkan 67% pasien yang mengeluh adanya ketidakpuasan dalam penerimaan pelayanan keperawatan, lebih dari separuh responden tidak puas dengan BPJS. Hasil pengukuran kepuasan pelanggan yang objektif dan akurat dapat membantu rumah sakit dalam merumuskan bentuk pelayanan yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis faktor pelayanan keperawatan yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien BPJS di IGD RSUD Dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan. Metode penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional yang melibatkan 135 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode consecutive sampling. Instrument yang digunakan yaitu lembar kuesioner dan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan Strctural Equation Modelling untuk mengetahui pengaruh antar variabel digunakan dan untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien BPJS di Instalasi Gawat Darurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai p value pada faktor pelayanan keperawatan meliputi waktu tanggap perawat, kesigapan perawat, sikap perawat, dan tindakan perawat menunjukkan nilai p value yang sama yaitu 0,000 atau < 0,05 yang artinya signifikan atau masing-masing faktor tersebut terdapat pengaruh terhadap kepuasan pasien, dan Jika dilihat dari skor estimate standardized regression weights keempat faktor pelayanan keperawatan tersebut yang memiliki pengaruh atau kontribusi terhadap kepuasan pasien BPJS di IGD RSUD Dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan adalah waktu tanggap perawat. Perawat perlu menambah pemahaman tentang cara memberikan pelayanan yang berkualitas termasuk kecepatan, ketepatan serta kehandalan dalam memberikan penanganan kepada pasien di IGD.