Pengaruh Servicescape dan Kualitas Pelayanan terhadap Revisit Intention Melalui Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Survei pada Pengunjung The Bagong Adventure Museum Tubuh Kota Batu)
Main Author: | Roziqin, Mohammad Khoirur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/177230/1/Mohammad%20Khoirur%20Roziqin.pdf http://repository.ub.ac.id/177230/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelititian ini untuk menguji Pengaruh Servicescape dan Kualitas Pelayanan terhadap Revisit Intention Melalui Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini yaitu Servicescape dan Kualitas Pelayanan sebagai variabel independen, Kepuasan Pengunjung sebagai variabel intervening, dan Revisit Intention sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung The Bagong Adventure Museum Tubuh dan sampelnya berjumlah 100 responden berusia minimal 17 tahun yang telah menyelesaikan kunjungan di The Bagong Adventure Museum Tubuh minimal 1 kali. Metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) Servicescape berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung, 2) Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung, 3) Servicescape tidak berpengaruh signifikan terhadap Revisit Intention, 4) Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Revisit Intention, 5) Kepuasan Pengunjung berpengaruh signifikan terhadap Revisit Intention. Saran yang bisa diberikan dari penelitian ini adalah pelaku bisnis diharapkan memperhitungkan variabel-variabel seperti Servicescape, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan pengunjung untuk memperoleh Revisit Intention. Pada variabel Servicescape terdapat item dengan rata-rata nilai paling rendah yaitu item “latar belakang musik (backsound) di Museum Tubuh terasa menyenangkan”, sehingga disarankan pelaku bisnis untuk mengoptimalkan item tersebut agar bisa mengoptimalkan variabel Servicescape. Peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah variabel lain ataupun menggunakan variabel yang sama dalam penelitian tetapi menggunakan teknik analisis yang berbeda serta disarankan juga untuk menggunakan lokasi penelitian yang berbeda untuk lebih memperluas pengujian terhadap teori serta memperluas keseluruhan variabel yang diteliti.