Pengaruh Intrinsic Religiousness terhadap Attitude toward Digital Piracy dan Intention to Commit Digital Piracy (Survei pada mahasiswa Universitas Brawijaya angkatan 2013-2018 pengguna Microsoft Office yang beribadah di masjid dan mushola yang ada di lingkungan Universitas Brawijaya kampus utama)
Main Author: | Putra, Imericho Permana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/177207/1/Imericho%20Permana%20Putra.pdf http://repository.ub.ac.id/177207/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh Intrinsic Religiousness terhadap Attitude toward Digital Piracy (2) mengetahui pengaruh Intrinsic Religiousness terhadap Intention to Commit Digital Piracy (3) mengetahui pengaruh Attitude toward Digital Piracy terhadap Intention to Commit Digital Piracy. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini meliputi Intrinsic Religiousness, Attitude toward Digital Piracy dan Intention to Commit Digital Piracy. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Brawijaya angkatan 2013-2018 pengguna Microsoft Office yang beragama Islam dan beribadah di masjid dan mushola yang ada di lingkungan Universitas Brawijaya kampus utama. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 115 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Data pada penelitian ini diolah menggunakan software IBM SPSS versi 25. Hasil analisis jalur (path) menunjukkan bahwa Intrinsic Religiousness (X) berpengaruh negatif signifikan terhadap Attitude toward Digital Piracy (Z), Intrinsic Religiousness (X) berpengaruh negatif signifikan terhadap Intention to Commit Digital Piracy (Y) dan Attitude toward Digital Piracy (Z) berpengaruh positif signifikan terhadap Intention to Commit Digital Piracy (Y).