Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan dan Kinerja Keuangan (Studi pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017)
Main Author: | Safira, Helda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/177201/1/Helda%20Safira.pdf http://repository.ub.ac.id/177201/ |
Daftar Isi:
- Corporate Social Responsibility merupakan suatu bentuk tanggung jawab moral perusahaan kepada para stakeholdernya. Dampak dari kegiatan operasional perusahaan harus dapat dipertanggungjawabkan sebagai bentuk tanggung jawab sosial pada stakeholder. Penerapan corporate social responsibility yang dilakukan oleh perusahaan dengan baik akan memberikan manfaat dalam meningkatkan nilai perusahaan dimata investor yang akan mempengaruhi kinerja keuangan. Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan, (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan, (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh nilai perusahaan terhadap kinerja keuangan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Sampel penelitian ini sebanyak 24 perusahaan yang di pilih menggunakan metode purposive sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang berupa laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan dalam sektor industri barang konsumsi periode 2015-2017. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah PLS (Partial Least Square) dengan menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) corporate social responsibility berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan, (2) corporate social responsibility berpengaruh signifikan dan negatif terhadap kinerja keuangan yang didukung oleh analisis statistik deskriptif yang menunjukkan arah yang berlawanan pada indikatornya, (3) nilai perusahaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja keuangan.