Pengaruh Faktor Sosial Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Orang Tua Siswa Dalam Memilih Jasa Pendidikan Dimediasi Oleh Sikap Orang Tua (Studi pada Sekolah Dasar Alam Al-Izzah Kabupaten Sidoarjo)

Main Author: Khair, Muthi Abul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/177167/
Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan hak utama anak Indonesia, sehingga orang tua berperan penting dalam mengupayakan pendidikan untuk anak mereka. Sebagai orang tua memiliki hak untuk menentukan sekolah yang baik untuk anak, sehingga seringkali orang tua memiliki standar pilihan sekolah yang terbaik untuk anak mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh faktor sosial dan citra merek terhadap pengambilan keputusan dimediasi sikap pada orang tua siswa SD Alam Al-Izzah Kabupaten Sidoarjo. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling dan menggunakan metode pengambilan sampel jenuh dengan jumlah sampel 84. Hasil pengumpulan kuesioner hanya 83 kuesioner yang dapat diolah. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan Partial Least Square dengan bantuan software smartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor sosial dan citra merek berpengaruh terhadap sikap dan keputusan serta sikap juga berpengaruh terhadap keputusan. Melihat dari variabel mediasi menunjukkan bahwa sikap memberikan peran mediasi parsial pada pengaruh faktor sosial dan citra merek terhadap keputusan. Pada penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah variabel baru dan lingkup populasi sampel sehingga mampu memberikan hasil yang lebih kompleks dan berbeda.