Analisis Perceptual Mapping pada Merek Triumph dalam Menghadapi Persaingan Motor Mewah di Indonesia(Survei pada Konsumen Motor Mewah di Prov DKI Jakarta)
Main Author: | Himawan, Joddy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/177125/1/Joddy%20Himawan.pdf http://repository.ub.ac.id/177125/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis positioning merek Triumph dan para pesaingnya dalam merek-merek motor mewah di Kota Jakarta berdasarkan atributnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah Brand Image, Buying Preference, dan Brand Awareness. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Perceptual Mappingdan Multidimensional Scalling (MDS). Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah konsumen motor mewah yang berdomisili di Kota Jakarta yang telah berumur minimal 17 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada seratus lima puluh responden di Kota Jakarta. Hasil penelitian ini memberikan gambaran peta persepsi konsumen yang memperlihatkan bahwa Triumph berada pada peringkat keempat dari sepuluh merek motor teratas berdasarkan persepsi konsumen di Kota Jakarta, tetapi belum memperoleh peringkat teratas pada kategori top of mind, most buying, most favorite dan brand recall. Karakterisik konsumen motor mewah didominasi oleh usia 31 sampai 40 tahun dengan pendapatan mulai dari 18 juta sampai 20 juta per bulan yang berdomisili di Jakarta Selatan. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu merek Triumph mampu bersaing dalam pasar motor mewah di Indonesia khususnya di Kota Jakarta. Analisis perceptual mapping ini diharapkan menjadi dasar perusahaan untuk melakukan analisis yang mendalam demi tercapainnya tujuan perusahaan dan dapat dimanfaatkan peluang yang ada sehungga dapat bersaing dengan para pesaing dan mempertahankan eksistensi perusahaan di pasar Indonesia khususnya di Kota Jakarta.