Analisis Startegi Bauran Pemasaran Pupuk Cair di Indonesia (Studi pada PT. Cheil Jedang Indonesia)

Main Author: Sayfulloh, Mochamad Agus
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/177116/1/Abstract%20Mochamad%20Agus%20Sayfulloh.pdf
http://repository.ub.ac.id/177116/2/Mochamad%20Agus%20Sayfulloh.pdf
http://repository.ub.ac.id/177116/
Daftar Isi:
  • Persoalan yang masih membelit industri pupuk nasional seperti belum optimalnya produksi pupuk sehingga terjadi ketimpangan antara demand dan supply. Produksi pupuk BUMN yang terus meningkat masih belum mampu memenuhi kebutuhan pupuk nasional, sehingga mendorong perusahaan asing untuk berinvestasi di Indonesia. Salah satu perusahaan asing yang berinvestasi di Indonesia adalah Cheil Jedang Corporate dengan mendirikan perusahaan yang bernama PT. Cheil Jedang Indonesia yang memproduksi salah satu produk yang berupa pupuk organik dalam bentuk yang cair atau sering disebut dengan pupuk cair. Produsen dituntut mempelajari strategi-strategi pemasaran khususnya bauran pemasaran agar produk pupuk cairnya tetap bertahan dan bahkan meningkat. Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis dan mengenali terlebih dahulu faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan dengan menggunakan analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities, and Threats) yang terdiri dari Empat elemen pokok pemasaran tersebut yaitu Produk (Product), Harga (Price), Distribusi/ Tempat (Place), dan Promosi (Promotion), sehingga pihak perusahaan dapat mengetahui formulasi yang tepat guna meningkatkan volume penjualan produk pupuk tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan fokus penelitian pada stategi marketing mix, serta faktor pendukng dan penghambat penerapan strategi tersebut. Pengambilan data dilakukan melalui metode wawancara dengan jumlah 5 orang informan, dokumentasi, observasi dan triangulasi data. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Bauran Pemasaran PT. Cheil Jedang Indonesia berada pada posisi strategi agresif. Pada posisi alternatif strategi- yang dipilih antara lain penetrasi pasar dan pengembangan produk. Faktor pendukung strategi diantaranya mendapat dukungan dari pemerintah, kuantitas yang lebih banyak dan kualitas yang lebih baik dari pesaing, sarana prasarana, SDM yang memadai, dan kerjasama dengan distributor. Faktor penghambat strategi diantaranya produk pesaing yang sudah dikenal terlebih dahulu oleh konsumen, aroma pupuk yang tidak stabil,jasa angkut yang tidaks esuai dengan jadwal pengiriman,dana operasional dan harga pasar. Berdasarkan temuan penelitian, hasil analisis SWOT dapat dijadikan dasar evaluasi perusahaan, sehingga saran yang diajukan untuk penelitian selanjutnya adalah peneliti selanjutnya dapat menggabungkan analisis SWOT dengan analisis lain agar dapat memberikan alternatif solusi yang lebih terperinci untuk menyelesaikan permasalahan perusahaan yang akan diteliti.