Pengembangan Permainan Edukasi Berbasis Kinect Bagi Penderita Asperger Syndrome Untuk Menangani Empathy Disorder

Main Author: Raykhamna, Dessy Amri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/1771/1/Raykhamna%2C%20Dessy%20Amri.pdf
http://repository.ub.ac.id/1771/
ctrlnum 1771
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/1771/</relation><title>Pengembangan Permainan Edukasi Berbasis Kinect Bagi Penderita Asperger Syndrome Untuk Menangani Empathy Disorder</title><creator>Raykhamna, Dessy Amri</creator><subject>005 Computer programming, programs, data</subject><description>Di Indonesia, penanganan empathy disorder pada penderita asperger syndrome masih belum disambut baik oleh para orang tua dikarenakan faktor biaya dan transportasi. Selain itu, penanganan empathy disorder pada penderita asperger syndrome diberikan perlakuan yang sama dengan klasifikasi Autism Spectrum Disorder (ASD) lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan edukasi berbasis Kinect yang dapat membantu seseorang dengan asperger syndrome dalam memahami perasaan orang lain, sehingga rasa empati terhadap sesama dapat tumbuh. Pada akhir tahun 2013 s.d 2014, Kinect dianggap feasible dalam menangani terapi dan rehabilitasi pada penderita penyakit syaraf dan Traumatic Brain Injury (TBI). Pada penelitian ini Kinect diterapkan ke dalam permainan edukasi yang mengandalkan pergerakan tangan kanan. Penelitian ini diujikan pada 5 penderita asperger syndrome dengan empathy disorder. Hasil dari penelitian ini tercapai setelah penderita asperger syndrome menggunakan permainan edukasi berbasis Kinect, yang menghasilkan kenaikan score pada tiap level dan emosi, serta penurunan total Toronto Empathy Questionnaire (TEQ) sebesar 12,8% dari rata-rata total TEQ sebelum penderita asperger syndrome menggunakan permainan edukasi berbasis Kinect.</description><date>2017-08-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1771/1/Raykhamna%2C%20Dessy%20Amri.pdf</identifier><identifier> Raykhamna, Dessy Amri (2017) Pengembangan Permainan Edukasi Berbasis Kinect Bagi Penderita Asperger Syndrome Untuk Menangani Empathy Disorder. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2017/525/051707847</relation><recordID>1771</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Raykhamna, Dessy Amri
title Pengembangan Permainan Edukasi Berbasis Kinect Bagi Penderita Asperger Syndrome Untuk Menangani Empathy Disorder
publishDate 2017
topic 005 Computer programming
programs
data
url http://repository.ub.ac.id/1771/1/Raykhamna%2C%20Dessy%20Amri.pdf
http://repository.ub.ac.id/1771/
contents Di Indonesia, penanganan empathy disorder pada penderita asperger syndrome masih belum disambut baik oleh para orang tua dikarenakan faktor biaya dan transportasi. Selain itu, penanganan empathy disorder pada penderita asperger syndrome diberikan perlakuan yang sama dengan klasifikasi Autism Spectrum Disorder (ASD) lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan edukasi berbasis Kinect yang dapat membantu seseorang dengan asperger syndrome dalam memahami perasaan orang lain, sehingga rasa empati terhadap sesama dapat tumbuh. Pada akhir tahun 2013 s.d 2014, Kinect dianggap feasible dalam menangani terapi dan rehabilitasi pada penderita penyakit syaraf dan Traumatic Brain Injury (TBI). Pada penelitian ini Kinect diterapkan ke dalam permainan edukasi yang mengandalkan pergerakan tangan kanan. Penelitian ini diujikan pada 5 penderita asperger syndrome dengan empathy disorder. Hasil dari penelitian ini tercapai setelah penderita asperger syndrome menggunakan permainan edukasi berbasis Kinect, yang menghasilkan kenaikan score pada tiap level dan emosi, serta penurunan total Toronto Empathy Questionnaire (TEQ) sebesar 12,8% dari rata-rata total TEQ sebelum penderita asperger syndrome menggunakan permainan edukasi berbasis Kinect.
id IOS4666.1771
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2018-01-19T18:30:42Z
last_indexed 2021-10-18T02:07:44Z
recordtype dc
_version_ 1730142665544040448
score 17.538404