Analisis Kualitas Pelayanan Publik melalui Program PAK TUWA (Pelayanan Administrasi Kependudukan Tutul WhatsApp) untuk Penerbitan Akta Kematian (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan)
Main Author: | Salsabila, Syifa’ Wasalma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/177083/1/Syifa%E2%80%99%20Wasalma%20Salsabila.pdf http://repository.ub.ac.id/177083/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya permasalahan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan mengenai pelayanan publik yang dilakukan untuk masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan publik melalui Program PAK TUWA untuk penerbitan Akta Kematian dan untuk mengetahui tantangan yang harus dihadapi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Fokus dari penelitian ini adalah (1) Kualitas Pelayanan Publik dengan menggunakan teori dari Zeitamal et al yang terdiri dari lima dimensi yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty ; (2) Tantangan yang dihadapi dalam menganalisis kualitas pelayanan publik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Analisa data dalam penelitian ini dengan menggunakan model Seiddel. Dari hasil penelitian dan pembahasan menghasilkan kesimpulan : (1) Dispenduk Capil Kabupaten Magetan sudah memberikan pelayanan melalui Program PAK TUWA dengan baik walaupun masih dijumpai beberapa kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh petugas (2) Dalam penerbitan akta kematian, masyarakat masih banyak yang tidak menerbitkan karena merasa tidak memiliki kepentingan; (3) Belum tersambungnya jaringan wifi dalam ruangan pelayanan Dispenduk Capil Kabupaten Magetan menjadi penyebab gangguan koneksi yang digunakan untuk akses internet yang dapat menghambat pelayanan; (4) Belum tersedianya dengan baik tempat penyimpanan dokumen-dokumen kependudukan di Dispenduk Capil Kabupaten Magetan. Berdasarkan penelitian ini diharapkan Dispenduk Capil Kabupaten Magetan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang masih terjadi sehingga kualitas pelayanan publik semakin meningkat.