Pengaruh Electronic Word of Mouth Melalui Peran Beauty Vlogger terhadap Minat Beli serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswi Program S1 Universitas Brawijaya di Kota Malang yang Melakukan Pembelian Produk Make Over)
Main Author: | Permatasari, Ivo Nila |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/177082/1/Ivo%20Nila%20Permatasari.pdf http://repository.ub.ac.id/177082/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: (1) pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli, (2) pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian, dan (3) pengaruh Minat Beli terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Electronic Word of Mouth, Minat Beli, dan Keputusan Pembelian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 115 responden yang diambil menggunakan kuisioner online merupakan mahasiswi Universitas Brawijaya pengguna produk Make Over yang pernah melihat review beauty vlogger serta membeli produk tersebut. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Electronic Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap variabel Minat Beli, variabel Electronic Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan variabel Minat Beli berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada perusahaan untuk meningkatkan kerjasama dengan beauty vlogger dalam mempromosikan produk.