Kualitas Pelayanan Pajak PBB P2 Berbasis Online ( Studi Pada Badan Pajak dan Retribusi Daerah di Kabupaten Lumajang)
Main Author: | Kurniawan, Sely |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/177050/1/Sely%20Kurniawan.pdf http://repository.ub.ac.id/177050/ |
Daftar Isi:
- Badan pajak dan retribusi daerah kabupaten Lumajang, merupakan salah satu badan yang mengurusi tentang masalah perpajakan dan retribusi yang ada di kabupaten Lumajang. Salah satu yang diatur oleh badan ini adalah tentang pajak daerah, seperti halnya mengakomodir pembayaran pajak masyarakat. Salah satu pajak yang menjadi fokus pada peneitian ini adalah pajak daerah akan PBB – P2. Dalam mengakomodir pembayaran pajak masyarakat, badan ini melakukannya dengan penyelenggaraan pelayanan. Keadaan masyarakat yang sudah dibebankan oleh pajak, sehingga BPRD Lumajang berusaha meningkatkan pelayanan dari waktu ke waktu, salah satunya dengan cara inovasi pelayanan online dan juga fasilitas pelayanan keliling. Kedua inovasi tersebut digunakan untuk peningkatan pelayanan, dan langkah untuk menjajaki pemerintahan yang berbasis elektronik atau e-government. Penelitian ini menggunakan jenis desktiptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini difokuskan kepada pelayanan online melalui halaman online BPRD Lumajang serta fasilitas pelayanan keliling yang dimiliki, dilihat dari kualitas pelayanan serta pelaksaan konsep e-government. Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian terdiri dari peneliti sendiri, pedoman wawancara, dan perangkat penunjang yang digunakan pada saat penelitian melakukan observasi dilapangan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif menurut Miles, Huberman dan Saldana. Berdasarkan dari hasil penelitian kualitas pelayanan dari pelayanan online maupun pelayanan keliling sudah baik. Masyarakat juga dimudahkan dengan adanya fasilitas jemput bola secara door to door untuk pembayaran pajak PBB. Adanya pelayanan checking pembayaran secara online, juga membantu masyarakat dan memberikan rasa aman. Karena masyarakat dapat langsung mengetahui apabila pembayaran mereka sudah terverifikasi Saran dari peneliti konsisi sumber daya manusia yang memahami tekhnologi informasi disana masih sangat minim, sehingga dapat ditingkatkan dengan pemberian Pendidikan dan pelatihan terhadap para pegawai yang ada. Sehingga dapat membantu meningkatkan inovasi pelayanan online yang ada. Selain itu berkerja sama dengan pihak pihak terkait, untuk mengatasi kepala desa yang memberikan janji pollitik yang tidak sesuai dengan peraturan.