Analisis Motivasi Wisatawan Mancanegara Berkunjung ke Kota Malang
Main Author: | Apriliyanti, Rachel Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/177044/1/Rachel%20Nur%20Apriliyanti.pdf http://repository.ub.ac.id/177044/ |
Daftar Isi:
- Kota Malang sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Timur yang tidak pernah sepi dari kunjungan wisatwan mancanegara. Meningkatanyajumlahkunjunganwisatawanmancanegaramembuktikanbahwakota Malang memilikiberbagaidayatarikwisata yang dapat menarikminatkunjunganwisatawan. Adanya kenaikan yang signifikan dalam kunjungan wisatwan mancanegara di Kota Malang tersebut, menjadikan landasan utama penelitian ini dalam mengetahui motivasi apa yang mendasari para wisatawan mancanegara dalam berkunjung ke Kota Malang. sehingga peneliti ini mengangkat judul “Analisis Motivasi Wisatawan Mancanegara Dalam Berkunjung Ke Kota Malang”.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. dengan dua rumusan masalah, yaitu(1)Apamotivasiwisatawanmancanegaraberkunjungke Kota Malang ? (2)Bagaimanaketersediaankomponenpariwisatadalammenunjangkeputusanberkunjungwisatawanmancanegarake Kota Malang? Sumber data diperolehdari informan, observasi, dokumen dan juga dokumentasi. Analisis data menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasiwisatawanmancangera yang berkunjungke Kota Malangada 4 (empat) hal, yaitu1 Physical motivation, 2 Culture Motivation,3 Social Motivationdan 4 Fantasy Motivation. (2) ketersediaan komponenpariwisata dalam aspek aksesbilitas, atraksi dan amenitas sudah baik, akantetapi kondisi ancillary service khususnya ketersedian Tourism Information Center (TIC) perlu diadakanperbaikan. Berdasarkan uraian, peneliti memberi rekomendasi yaitu kepada pihakDinasKebudayaandanPariwisata Kota Malang bekerjasamadenganPengelolaAtraksi yang ada di kota Malang, sepertimengadakanpelatihanbahasa di kampungtematik/ kampung budayadanmemberipelatihanuntukmembuat handcraft keseniantradisional agar lebihmenariklagibagiwisatawanmancanegarasertamengangkatkebudayaan Kota Malang lebihsering agar dapatdikenallebihluaslagi. Merevitalisasibangunan-bangunanbersejarah yang ada di Kota Malang mengingatsejarah yang ada di Kota Malang menjadidayatariktersendiribagiwisatawanmancanegara.Pemerintah Kota Malang perlumelakukankoordinasidanbersinergidengan stake holder pariwisata yang ada di Kota Malang sepertiparapelakuusahaPariwisata, PHRI, HPI sertadinasperhubungandan stake holder terkaitlainnya yang ada di Kota Malang, agar dapatmelakukanpengembanganPariwisatakota Malang yang lebihbaiklagisertadapatmenarikminatberkunjungwisatawan mancanegara.