Aplikasi Regresi Logistik Multinomial Untuk Analisis Keputusan Berbelanja Secara Online

Main Author: Rachma, Hanifa Rasda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/176941/
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi saat ini menyebabkan industri perdagangan elektronik atau e-commerce semakin berkembang pesat sehingga setiap perusahaan e-commerce perlu mengetahui kecenderungan keputusan pelanggan belanja online agar dapat mengembangkan variasi produk dan strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keputusan mahasiswa dalam berbelanja secara online. Peubah respon adalah brand perusahaan e-commerce yang paling sering dipilih oleh pelanggan mahasiswa untuk belanja online yaitu Lazada, Tokopedia, OLX, Shopee dengan menerapkan regresi logistik multinomial. Instrumen pengumpulan data adalah angket dengan responden sebanyak 105 mahasiswa aktif Universitas Brawijaya Strata-1 yang pernah berbelanja secara online pada salah satu toko online tersebut yang dilakukan oleh diri sendiri dalam kurun waktu 1 Juli 2018-30 Desember 2018. Metode pengambilan contoh yang digunakan adalah nonprobabilitas secara aksidental dan kuota. Pendugaan parameter dilakukan dengan Metode Kemungkinan Maksimum dengan pengujian parameter secara simultan menggunakan uji G dan secara parsial menggunakan uji Wald. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga peubah prediktor yang berpengaruh nyata terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih perusahaan e-commerce untuk berbelanja yaitu usia, jenis kelamin, produk favorit. Selain itu, dapat diketahui bahwa mahasiswa yang berusia kurang dari 18 tahun memiliki kecenderungan lebih rendah menggunakan Tokopedia untuk berbelanja secara online dibanding OLX, serta mahasiswa laki-laki memiliki kecenderung lebih besar menggunakan Lazada dibanding Tokopedia dan Shopee, namun lebih kecil dibanding OLX.