Penerapan Model Sem-Pls Pada Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Rssa Malang

Main Author: Salsabil, Adinda Aura
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/176909/1/Adinda%20Aura%20Salsabil%20%283%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/176909/
Daftar Isi:
  • Rumah sakit sebagai salah satu lembaga pelayanan kesehatan harus tetap mampu meningkatkan pelayanan yang lebih bermutu bagi masyarakat agar memperoleh derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memodelkan pengaruh kualitas layanan, persepsi terhadap biaya, dan persepsi terhadap citra terhadap kepuasan dan loyalitas pengguna RSSA Malang serta menentukan variabel yang paling memengaruhi kepuasan dan loyalitas pengguna RSSA Malang berdasarkan hasil pemodelan SEM-PLS, baik secara langsung maupun tak langsung. Data yang digunakan data sekunder berupa hasil kuisioner milik Hanan Titis Hidayat (2016), dengan ukuran sampel 100 responden. Analisis pada data tersebut dilakukan dengan software R. Hasil analisis SEM-PLS menunjukkan bahwa variabel laten persepsi terhadap biaya memiliki efek terbesar terhadap loyalitas pengguna dengan besar kontribusi mutlak 32,49%. Model SEM-PLS secara keseluruhan dapat menjelaskan fenomena yang berkaitan dengan kepuasan dan loyalitas pengguna di RSSA Malang sebesar 72,78%.