Supply Chain Analysis For Super Honey Bee Product Online Marketing Media (A case study At Kembang Joyo Malang Regency)
Main Author: | Irawan, Rofik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/176902/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aliran produk, finansial, dan informasi produk madu sekaligus mengidentifikasi kinerja rantai pasok melalui pendekatan efisiensi pemasaran di PT. Kembang Joyo, Kota Malang. Dengan responden penelitian peternak, Kembang Joyo, retail dan konsumen akhir. Metode penelitian menggunakan survey. Sampling data menggunakan aksidental, purposive dan snowball. Data yang digunakan primer dan sekunder lalu dianalisa dengan pendekatan deskriptif kualitatif, marketing mix (product, price, place, and promotion) dan 3 indikator efisiensi pemasaran yang disesuaikan dengan pembahasan online marketing. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat tiga aliran rantai pasok yakni aliran produk yang mengalir dari hulu ke hilir, aliran finansial yang mengalir dari hilir ke hulu, dan aliran informasi yang mengalir dari hulu ke hilir dan sebaliknya mengalir dari hilir ke hulu. Manajemen rantai pasok Kembang Joyo memilki 7 saluran pemasaran dengan pencampuran sistem antara online dan offline. Efisiensi pemasaran didasarkan pada nilai share margin yang diterima pada setiap saluran pemasaran dimana terdistribusi secara merata. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kinerja rantai pasok di PT. Kembang Joyo menunjukkan hasil yang tidak efisien.