Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Di Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Klaten Di Kota Malang)

Main Author: Ahmadi, Ridwan Auliya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/176614/
Daftar Isi:
  • Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Klaten merupakan salah satu rumah makan yang berkembang di Kota Malang yang menyediakan menu olahan ayam yaitu sop ayam. Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Klaten memiliki lokasi yang strategis karena dekat dengan area kampus. Pesatnya perkembangan Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Klaten di Kota Malang yang menjual daging ayam olahan tersebut tidak terlepas kemampuannya untuk dapat memaksimalkan kepuasan pelanggannya salah satunya melalui bauran pemasaran (7P). Tujuanpenelitianiniuntukmengetahui tingkat kepuasan dan pengaruh bauran pemasaran terhadap tingkat kepuasan pelanggan Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Klaten di Kota Malang. Penelitian dilaksanakan di Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Klaten yang berada di Jl. MT. Hariyono No.27 Kota Malang dan 100 responden selama 1 bulan yaitu pada tanggal 1 Desember 2018 sampai dengan 31 Desember 2018. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara langsung pada pihak manajer dan responden, serta pengisiankuisioner yang disebarkan kepadapelanggan dengan metode accidental sampling, serta berasal dari catatan, arsip atau literatur seperti sejarah usaha dari Sop Ayam Pak Min Klaten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen dalam membeli Sop Ayam Pak Min Klaten yaitu berdasarkan jenis kelamin 60% adalah perempuan, berdasarkan umur 76% berumur 20-24 tahun, berdasarkan tingkat pendidikan 88% sedang menempuh/sudah menempuh pendidikan, berdasarkan tingkat pendapatan 35% memiliki pendapatan Rp.500.000-Rp.1.500.000/bulan, berdasarkan jenis profesi/pekerjaan 75% adalah pelajar, berdasarkan lama jadi pelanggan 71% lebih dari 2 tahun dan berdasarkan frekuensi pembelian 85% memiliki frekuensi pembelian 1-2 kali/bulan. Diketahui dari hasil persamaan regresi linier berganda didapatkan Y = 1,293 + 0,226X1 + 0,307X2+ 0,002X3 - 0,083X4 + 0,114X5 + 0,271X6 + 0,156X7dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,639 yang menunjukkan variabel produk, harga, saluran distribusi, promosi, lingkungan fisik, proses dan orang mampu menjelaskan kepuasan pelanggan Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Klaten sebesar 63,9%. Pengujian menggunakan uji F secara simultan atau bersamasama disimpulkan bahwa produk, harga, saluran distribusi, promosi, lingkungan fisik, proses dan orang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Kalten di Malang. Sedangkan dengan uji T atau uji secara parsial disimpulkan bahwa variabel produk, harga dan proses secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Kalten di Malang. Kesimpulan pada penelitian ini adalah berdasarkan uji t variabel produk, harga dan proses berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Klaten di Kota Malang dan berdasarkan uji f secara secara simultan atau bersama-sama produk, harga, saluran distribusi, promosi, lingkungan fisik, proses dan orang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Kalten di Kota Malang. Saran untuk penelitian ini adalah pihak rumah makan supaya bisa terus mempertahankan kepuasan pelanggan baik melalui peningkatan dari produk dan pelayanan, serta inovasi didalam penjualan melalui media sosial ataupun aplikasi.