Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Economic Value Added (Eva) Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi
Main Author: | Akmalia, Masitha Nisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/176605/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Economic Value Added (EVA) dimensi profit, people dan planet yang dimoderasi oleh ukuran perusahaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdafatar di BEI tahun 2015-2017. Berdasarkan metode purposive sampling, diperoleh 46 sampel perusahaan yang dianalisis menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh terhadap EVA dimensi profit dan people tetapi tidak berpegaruh terhadap EVA planet. Selanjutnya, ukuran perusahaan memperkuat hubungan pengungkapan CSR yang berdampak pada EVA planet, tetapi tidak memberikan efek moderasi pada EVA profit dan EVA people. Implikasi dari penelitian ini adalah dengan melaksanakan pengungkapan CSR, perusahaan dapat melegitimasi posisi perusahaan serta keterlibatan dalam kegiatan CSR dapat diartikan sebagai upaya pemenuhan beragam tuntuan juga kepentingan shareholders dan stakeholders yang berdampak pada peningkatan nilai tambah perusahaan dalam jangka panjang baik perusahaan skala besar maupun kecil.