Perumusan Strategi Pemasaran Di Objek Wisata Jawa Timur Park 1 Dengan Seni Perang Sun Tzu
Main Author: | Rakhmaddian, Nicko Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/1765/1/Rakhmaddian%2C%20Nicko%20Nur.pdf http://repository.ub.ac.id/1765/ |
Daftar Isi:
- Jawa Timur Park 1 merupakan destinasi rekreasi dengan wahana dunia ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan didirikannya Jawa Timur Park 1 untuk mengundang seluruh wisatawan agar dapat menambah ilmu pengetahuan dan teknologi dalam suasana rekreatif dan santai. Penurunan jumlah pengunjung dan penurunan pangsa pasar (market share) tiap tahun di objek wisata Jawa Timur Park 1 menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini yaitu menentukan strategi pemasaran yang paling sesuai dengan mempertimbangkan faktor internal dan eksternal dari objek wisata Jawa Timur Park 1 berdasar seni perang Sun Tzu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi dan wawancara dengan manajer marketing, manajer HRD, dan staf marketing yang berpengalaman. Perumusan strategi pemasaran dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Langkah-langkah dalam tahap pengolahan data yaitu penentuan faktor dari elemen Sun Tzu, mendeskripsikan tiap faktor, penentuan rating dan bobot tiap faktor, merumuskan IFE dan EFE matriks, penentuan keadaan perusahaan melalui diagram analisis SWOT, pemilihan stratagem Sun Tzu. Pada tahap analis dan pengembangan dilakukan pengembangan strategem yang terpilih. Dari hasil penelitian ini didapatkan matriks IFE terdiri dari elemen Sun Tzu moral influence (misi), leadership (kepemimpinan), doctrin and methods (doktrin dan metode). Matriks IFE memiliki total skor sebesar 2,91. Matriks EFE terdiri dari elemen Sun Tzu adalah ground (lapangan) dan climate (lingkungan). Matriks EFE memiliki total skor sebesar 2,76. Berdasarkan hasil diagram analisis SWOT, perusahaan cocok dengan strategi yang bersifat agresif. Stratagem take the opportunity to pilfer a goat adalah stratagem bersifat agresif yang terpilih. Ada lima prioritas pengembangan dari stratagem take the opportunity to pilfer a goat Pengembangan stratagem tersebut adalah penyewaan action camera, jasa editing video, adanya kartu anggota Jawa Timur Park 1, potongan harga sebesar 10% bagi pengunjung yang telah me-like fun page di Facebook, subscribed channel Youtube, dan follow Instagram serta Twitter dari akun Jawa Timur Park 1, dan adanya potongan harga tiket bagi rombongan.