Komodifikasi Identitas Perempuan Muslim dalam Ajang Duta Hijab Radar Malang
Main Author: | Fajari, Sihabudin Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/176474/ |
Daftar Isi:
- Penampilan terutama tubuh perempuan selalu diobjektifkan sebagai kurus, berotot dan langsing oleh masyarakat kita. Tidak hanya sebagai kesempurnaan penampilan, namun juga memiliki nilai estetika di ruang publik. Penerapan standar cantik bagi perempuan pun berlaku dalam sebuah kontes kecantikan khusus perempuan Muslim, standar kecantikan tidak terlepas dari institusi media sebagai pihak yang memiliki modal. Oleh karena itu, penelitian ini mempunyai tujuan untuk membongkar praktik-praktik komodifikasi dalam kontes pemilihan Duta Hijab Radar Malang. penelitian ini menggunakan paradigm kritis dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah case study. Pengumpulan data diambil dari data primer dan sekunder. Pegumpulan data primer berasal dari wawancara dengan key informant seperti finalis, direktur Jawa Pos Radar Malang, dan Pembina Duta Hijab Radar Malang. Data sekunder mencakup dari artikel, jurnal dan dokumen teknis baik itu online maupun offline. Setelah dilaukan analisis pada event tersebut, hasil penelitian menunjukan bahwa praktek-praktek komodifikasi benar-benar diterapkan selama proses seleksi. Event tersebut juga mengemas bagaimana identitas perempuan muslim “Hijab” diproduksi dengan standard-standard tertentu yang disponsori oleh produk-produk pendukung. Sehingga pada akhirnya kontes Duta Hijab Radar Malang ini digambarkan sebagai tempat untuk mengekpresikan kemampuan diri para Perempuan Muslim yang modis dan trendi dengan tujuan mendapatkan popularitas