Hubungan Antara Self-Esteem Dan Presentasi Diri Pengguna Media Sosial Instagram Usia Dewasa Awal
Main Author: | Adnani, Mariyam Rousafina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/176473/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara self-esteem dan presentasi diri pengguna media sosial Instagram usia dewasa awal. Penelitian kuantitatif korelasional ini melibatkan pengguna aktif Instagram yang merupakan mahasiswa/i berusia 18-25 tahun di Kota Malang. Sejumlah 231 responden dikumpulkan mengunakan teknik non-probability sampling khususnya metode purposive sampling melalui situs survei online. Penelitian ini menggunakan skala self-esteem dan skala presentasi diri. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis PearsonProduct Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara self esteem dan presentasi diri pengguna media sosial Instagram usia dewasa awal dengan koefisien korelasi sebesar 0,391 dan p = 0.000 pada signifikansi 0.05.