Perbedaan Edukasi Gizi Menggunakan Metode Ceramah dan Metode Ular Tangga Tematik Terhadap Peningkatan Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Siswa Kelas 5 SD Muhammadiyah 1 Malang
Main Author: | Wardani, Eksanti Kusuma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/176127/1/Eksanti%20Kusuma%20Wardani.pdf http://repository.ub.ac.id/176127/ |
Daftar Isi:
- Konsumsi asupan zat gizi memiliki peranan penting bagi status gizi anak usia sekolah, terutama untuk tumbuh kembang anak. Sehingga perlu diberikan edukasi terkait makanan yang sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan edukasi terkait gizi menggunakan metode ceramah dan metode permainan “ular tangga tematik” terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada siswa kelas 5 SD Muhammadiyah 1 Malang. Penelitian ini menggunakan quasy experimental study untuk melihat perbedaan edukasi gizi terhadap peningkatan pengetahuan gizi siswa kelas 5 SD dengan pre-test dan post-test, dengan penarikan sampel menggunakan total quota sampling dan memenuhi kriteria inklusi responden. Diperoleh 44 siswa dengan rincian 22 siswa pada kelompok ceramah dan 22 siswa pada kelompok ular tangga. Diketahui pada kelompok ceramah memiliki hasil yang tidak signifikan dengan p-value 0,083 (p>0,05) dan pada kelompok ular tangga memiliki hasil yang signifikan dengan p-value 0,008 (p<0,05). Sedangkan perbedaan pengetahuan antara kelompok ceramah dan ular tangga memiliki hasil yang tidak signifikan dengan pvalue 0,308 (p>0,05).