Hubungan antara Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Anak Prasekolah di TK Negeri Pembina 1 Malang

Main Author: Hasiholan, Putri Michelle Teresa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/175836/1/Putri%20Michelle%20Teresa%20Hasiholan.pdf
http://repository.ub.ac.id/175836/
Daftar Isi:
  • Usia prasekolah (3-6 tahun) merupakan golden age pada masa tumbuh kembang anak dimana pada usia ini anak memiliki kesempatan yang besar dalam mengembangkan potensi dalam dirinya. Salah satu faktor yang yang dapat mempengaruhi perkembangan anak adalah intensitas penggunaan gadget. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan anak prasekolah di TK Negeri Pembina 1 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Jumlah sampel penelitian ini berjumlah 140 anak dimana responden pada penelitian ini adalah anak usia prasekolah (3-6 tahun) di TK Negeri Pembina 1 Malang. Terdapat dua instrumen yang digunakan untuk mengukur perkembangan anak usia prasekolah adalah Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden dengan intensitas penggunaan gadget kategori sedang (61,43%) dan memiliki perkembangan yang sesuai (57,86%). Hasil analisis uji korelasi Spearment Rank adalah p-value 0,001 dimana memiliki makna hipotesa diterima dengan nilai korelasi koefisien sebesar -0,505 yang menunjukkan adanya hubungan negatif dengan kekuatan sedang antara intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan anak prasekolah yang memiliki makna semakin tinggi intensitas penggunaan gadget maka perkembangan anak akan semakin menurun. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan anak prasekolah (3-6 tahun). Saran untuk peneliti selanjutnya adalah menganalisis lebih dalam mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi intensitas penggunaan gadget dan perkembangan anak prasekolah dan lebih bijaksana dalam membatasi waktu anak saat menggunakan gadget.