Hubungan Antara Bermain Gawai dengan PeriIaku Perundungan Pada Anak Usia Sekolah Kelas IV-VI di SD Katolik Sang Timur Malang
Main Author: | Indriyani, Oktavia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/175791/1/Oktavia%20Indriyani.pdf http://repository.ub.ac.id/175791/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini, dilakukan untuk menganalisa hubungan antara bermain Gawai dengan perilaku perundungan pada anak usia sekolah kelas IV-VI di SD Katolik Sang Timur Malang. Penelitian ini, menggunakan rancangan penelitian cross-sectional study (potong lintang) yang dilakukan dengan menyebar kuisioner untuk mengetahui gambaran perilaku perundungan serta bermain Gawai (meliputi frekuensi, durasi dan aplikasi yang digunakan). Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa/siswi dari kelas IV-VI di SD Katolik Sang Timur Malang dipilih dengan teknik purposive sampling. Mayoritas anak dalam penelitian ini memiliki frekuensi, durasi dan penggunaan aplikasi yang tinggi. Hasil uji analisis statistik menggunakan dua uji yaitu spearman correlation rank. Uji spearman correlation rank untuk domain frekuensi terhadap perilaku perundungan mempunyai p-value 0.000, durasi terhadap perilaku perundungan mempunyai p-value 0,036 dan aplikasi terhadap perilaku perundungan mempunyai p-value 0,046, ketiga nilai dalam uji tersebut bermakna. Dari penelitian ini didapatkan bahwa terdapat hubungan antara bermain Gawai dengan perilaku perundungan pada anak usia sekolah kelas IV-VI SD. Disarankan orangtua membatasi penggunaan gawai selama 1 jam/hari dan menghindari anak mengakses aplikasi yang berisi konten kekerasan sehingga tidak menstimulasi anak untuk melakukan perilaku kekerasan atau perundungan.