Hubungan Kinerja Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan di Puskesmas Rawat Inap Wilayah Kerja Kabupaten Nganjuk

Main Author: Primadita, Sukmawati Arum
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/175683/1/Sukmawati%20Arum%20Primadita.pdf
http://repository.ub.ac.id/175683/
Daftar Isi:
  • Pelayanan keperawatan diberikan berdasarkan pada pengetahuan yang dimiliki perawat. Kinerja perawat adalah suatu aspek yang berkaitan dengan mutu pelayanan keperawatan yang dapat mempengaruhi mutu pelayanan serta kepuasan yang dirasakan oleh pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan kinerja perawat dengan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di Puskesmas rawat inap wilayah kerja Kabupaten Nganjuk. Rancangan penelitian cross sectional dengan jumlah responden 83 perawat yang bekerja di Puskesmas rawat inap wilayah kerja Kabupaten Nganjuk dan 83 pasien rawat inap di Puskesmas rawat inap wilayah kerja Kabupaten Nganjuk dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kinerja perawat sebagian besar sudah baik dengan hasil 55,4% dan tingkat kepuasan pasien sebagian besar sudah puas terhadap pelayanan keperawatan dengan hasil 47%. Hasil uji spearman rank mempunyai p-value 0.002, diartikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel yang diteliti. Nilai koefisien korelasi spearman sebesar 0.338. Nilai tersebut menunjukkan kekuatan hubungan cukup yang berarti semakin baik kinerja perawat maka kepuasan yang dirasakan oleh pasien semakin bertambah. Diharapkan para tenaga kesehatan khususnya perawat di Puskesmas rawat inap wilayah kerja Kabupaten Nganjuk agar dapat mempertahankan kinerjanya dengan baik dan sesuai dengan standar keperawatan agar kebutuhan dan harapan pasien dapat terpenuhi dengan baik.