Analisis Rantai Nilai Madu Standar International Dan Madu Multiflora (Studi Kasus Di Pt Kembang Joyo Sriwijaya, Retail Jakarta)
Main Author: | Shabira, Fakhira |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/175653/1/Fakhira%20Shabira%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/175653/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di PT Kembang Joyo Sriwijaya dengan lokasi retail di Jakarta. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui rantai nilai madu standar international dan madu multiflora di PT Kembang Joyo Sriwijaya. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 5 peternak, PT Kembang Joyo Sriwijaya, retail dan 81 konseumen. Pengambilan data dilakukan pada 21 januari- 21 februari 2019. Metode penelitian yang diigunakan dengan pengumpulan data primer dengan wawancara responden menggunakan alat bantu kuisioner, serta data sekunder yang didapatkan dari PT Kembang Joyo Sriwijaya dan studi literatur. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling untuk menentukan PT Kembang Joyo Sriwijaya dan snowball sampling untuk menentukan responden yang terlibat dalam rantai nilai di perusahaan. Hasil penelitian menunjukan rantai nilai madu standar international dan madu multiflora yang terjadi di PT Kembang Joyo Sriwijaya memiliki keunggulan dalam aliran informasi dalam penjualan produk melalui website secara online dan aliran finansial dengan metode pembayaran menggunakan aplikasi mobile banking dalam pembelianix melalui website. Aliran produk memberikan nilai tambah yang lebih tinggi untuk madu multiflora dengan 59,75% dibandingkan madu standard international 56,53%. Margin pemasaran dari kedua madu tersebut memiliki nilai margin yang sama yaitu 36%. Saran dari penelitian ini, perusahaan dapat mengoptimalkan pemasaran lewat media elektronik dan media online untuk meningkatkan penjualan secara online karena memberikan nilai tambah yang lebih tinggi bagi perusahaan.