Hubungan antara Kemampuan Empati dengan Perilaku Cyberbullying pada Remaja di SMP Negeri 26 Kota Malang
Main Author: | Maria, Wirda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/175627/1/Wirda%20Maria.pdf http://repository.ub.ac.id/175627/ |
Daftar Isi:
- Remaja memiliki ciri perkembangan yaitu pencarian identitas diri. Emosi remaja masih belum stabil dalam menghadapi masalah dan cenderung melakukan tindakan yang kurang baik seperti cyberbullying. Banyaknya faktor yang dapat mempengaruhi perilaku cyberbullying, salah satunya adalah kemampuan empati. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan kemampuan empati remaja dengan perilaku cyberbullying pada siswa/i SMP Negeri 26 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan teknik cross-sectional. Kuesioner modifikasi Revised-Cyberbullying Inventory (RCBI) dan Interpersonal Reactivity Index (IRI). Responden pada penelitian ini sebanyak 82 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan responden memiliki kemampuan empati dalam kategori sedang (51,22%) dan responden memiliki perilaku cyberbullying dalam kategori rendah (64,63%). Hasil uji statistik korelasi spearman rank adalah p-value 0,000 yang mempunyai makna bahwa adanya hubungan yang signifikan artinya jika kemampuan empati lebih tinggi maka perilaku cyberbullying semakin rendah, dengan r = -0,620 yang maknanya kuat. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah penelitian perilaku cyberbullying dengan menggunakan teknik observasi selama enam bulan untuk menentukan remaja dominan menjadi pelaku atau korban dan meneliti faktor perilaku cyberbullying dengan faktor selain kemampuan empati.