Hubungan antaraa Kualitas Interaksi Ibu dan Anak dengann Perilaku Asertif pada Anak Usia Pra Sekolah di TK Restu 2 Kota Malang

Main Author: Arisca, Agnes
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/175623/1/Agnes%20Arisca.pdf
http://repository.ub.ac.id/175623/
Daftar Isi:
  • Kualitas interaksi antara ibu dan anak dapat meningkatkan perkembangan aspek kognitif dan emosional anak. Salah satu sikap dalam aspek emosional anak yang dapat dididik atau diajarkan adalah sikap asertif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungann antara kuallitas interaksi ibu dan anak dengan perilaku asertif pada anakk usia pra sekolah di TK Restu 2 Kota Malang. Penelitian inii merupakan ppenelitian kuantitatif dengan menggunakan ddesain cross sectional study. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil uji statistik spearman correlation rank menunjukkan terdapat hubungan antara kualitas interaksi dengan perilaku asertif anak dengan p-vaue 0.000 dan nilai koefisiensi 0.614. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antaraakualitas interaksi ibu dan anak dengannperilaku asertif anak usia prassekolah (4-6) tahun. Saran yang dapat diberikan dari peneliti kepada ibu yaitu ibu perlu meningkatkan kualitas interaksi yang terjalin dengan anaknya untuk mendukung petumbuhan dan perkembangan anak salah satunya dengan melatih anak beperilaku asertif. Selain itu pihak sekolah perlu melakukan sosialisasi terkait pelatihan asertif kepada orang tua agar dapat diajarkan kepada anak baik didalam maupun diluar rumah.