Hubungan antara Tingkat Kecerdasan Interpersonal Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Aminah Blitar
Main Author: | Irwansyah, Fajar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/175553/1/Fajar%20Irwansyah.pdf http://repository.ub.ac.id/175553/ |
Daftar Isi:
- Kecerdasan interpersonal adalah kapasitas seseorang untuk memahami maksud, keingininan serta motivasi dari orang lain. Dalam pelaksanaannya, kecerdasan interpersonal mempengaruhi terjadinya komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal adalah proses pertukaran informasi antara sesorang yang dapat diketahui langsung responnya. Komunikasi interpersonal yang terjadi di rumah sakit adalah antara pasien dengan perawat. Komunikasi yang baik antara pasien dan perawat akan menghasilkan kepuasan pasien. Semakin tinggi kepuasan pasien, maka akan semakin tinggi mutu pelayanan di rumah sakit karena kepuasan pasien merupakan suatu ukuran mutu pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa hubungan tingkat kecerdasan interpersonal perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Aminah Blitar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan crossectional-study. Responden dalam penelitian ini berjumlah 82 yang terdiri dari 32 perawat dan 50 pasien dengan teknik total sampling. Hasilnya didapatkan sebagian besar perawat memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi dan kepuasan pasien tinggi. Hasil uji statistik menggunakan uji korelasi Pearson didapatkan nilai signifikan 0,006 (p-value < 0,05) yang berarti terdapat hubungan. Hasil dari korelasi pearson didapatkan hasil 0,474 yang berarti variabel memiliki hubungan yang bersifat sedang. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kecerdasan interpersonal maka semakin tinggi tingkat kepuasan pasien. Disarankan kepada perawat untuk senantiasa meningkatkan kemampuannya terutama kecerdasan sosial, karena dapat meningkatkan kepuasan pasien.