Youtube Based-Video as The Autonomous Learning Media (A Case Study of Learner Autonomy)

Main Author: Puspitasari, Sinta
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/175545/
Daftar Isi:
  • Di Indonesia bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa asing. Akibatnya, menggunakan bahasa Inggris untuk aktivitas sehari-hari adalah sesuatu yang sangat langka. Bahasa Inggris hanya digunakan di ruang kelas dan beberapa persyaratan khusus dalam tes kecakapan. Mempertimbangkan alasan itu, peneliti melakukan penelitian ini dalam konteks pelajar mandiri untuk memperkaya studi. Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan video berbasis Youtube sebagai media pembelajaran mandiri. Ini adalah studi kasus menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan mewawancarai pelajar mandiri untuk mengetahui bagaimana ia memanfaatkan video berbasis Youtube sebagai media pembelajaran mandiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran mandiri telah diterapkan pada siswa. Video Berbasis Youtube sebagai media pembelajaran mandiri dapat menjadi media yang tepat untuk pembelajaran. Maka itu akan membuat siswa mudah memahami tentang materi atau target pembelajaran. Disarankan bagi penelitian selanjutnya untuk mengetahui perspektif guru tentang bagaimana pelajar mandiri melakukan kegiatan belajar mereka.