Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Di SD IT An Nur dan SD IT Al Mukminun
Main Author: | Mufidah, Rismala Inas |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/175530/1/Rismala%20Inas%20Mufidah.pdf http://repository.ub.ac.id/175530/ |
Daftar Isi:
- Pola asuh orang tua merupakan aspek penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak karena orang tua merupakan tempat pertama anak tumbuh dan berkembang. Kekurangan pada salah satu aspek perkembangan akan mempengaruh perkembangan anak selanjutnya hingga dewasa. Salah satu perkembangan yang perlu mendapat sorotan penting yaitu perkembangan kognitif. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hubungan antara pola asuh orang tua dengan tingkat perkembangan kognitif pada anak usia sekolah di SD IT An Nur dan SD IT Al Mukminun. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional dengan pemberian kuesioner pada responden. Responden yang mengikuti penelitian ini berjumlah 45 orang tua dan 45 anak yang berumur tujuh tahun saat dilakukan penelitian. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dengan tingkat perkembangan kognitif pada anak usia sekolah, (p-value=0.001, ⍺=0.05). Hasil uji statistik spearman correlation rank menunjukkan hubungan searah yaitu semakin baik pola asuh orang tua, maka semakin baik pula perkembangan kognitif anak (r=0.486). Disimpulkan bahwa mayoritas orang tua menerapkan pola asuh demokratis dan mayoritas anak memiliki perkembangan tinggi. Disarankan kepada orang tua untuk lebih memperhatikan pola asuh yang diterapkan kepada anaknya supaya dapat memaksimalkan perkembangan kognitif anak. Saran untuk perawat perlu dipahami pentingnya pola asuh orang tua dan hubungannya dengan perkembangan kognitif anak.