A Survey Study on Reading Strategies Used by The First Year Students of SMA Negeri 1 Gending Probolinggo
Main Author: | Diniya, Masrojatud |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/175517/ |
Daftar Isi:
- . Membaca adalah salah satu ketrampilan yang penting dalam mempelajari Bahasa Inggris. Dalam membaca, siswa harus menggunakan strategi membaca untuk membantu siswa dalam memahami apa yang sedang mereka baca. Strategi membaca memiliki dampak yang baik karena dapat membantu siswa untuk mengatasi permasalahan-permasalahan dalam membaca dan membantu siswa untuk belajar dengan lebih mudah, lebih cepat, lebih mudah dipahami. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi membaca yang paling sering digunakan oleh siswa SMA Negeri 1 Gending. Penelitian ini adalah penelitian jenis survey yang menggunakan kuesioner yang diadaptasi dari Sheorey dan Mokhtari (2002). Kuesioner ini terdiri dari 30 pernyataan. Terdapat tiga kategori strategi membaca pada kuesioner ini yang terdiri atas strategi membaca global, strategi membaca untuk menyelesaikan masalah dan strategi membaca dengan menggunakan alat pendukung. Kuesioner pada penelitian ini didistribusikan kepada 115 siswa IPA. Untuk menghitung rata-rata, peneliti menggunakan Microsoft Excel 2010. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa menggunakan ketiga strategi membaca. Berdasarkan basil perhitungan, diperoleh rata-rata 3.56 untuk strategi global reading, 3.75 untuk strategi membaca yang ditujukan untuk menyelesaikan masalah dan 3.63 untuk strategi membaca dengan menggunakan alat pendukung. Kategori strategi membaca yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan membaca memperoleh rata-rata yang paling tinggi dibandingkan dengan kedua kategori strategi membaca lainnya. Selain itu, peneliti menemukan bahwa strategi membaca ulang untuk meningkatkan pemahaman menjadi strategi yang paling sering digunakan oleh siswa dengan rata-rata mencapai 4.21. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberi saran kepada guru bahasa Inggris untuk mendukung siswa untuk tetap menggunakan strategi membaca untuk membantu siswa yang memiliki kemampuan membaca dengan kategori sedang atau rendah. Guru juga dapat menyesuaikan aktivitas akademik pada proses pembelajaran dengan mengacu pada hasil penelitian ini. Selain itu peneliti selanjutnya bisa meneliti strategi membaca pada siswa dengan memperhatikan latar belakang yang lain dan menemukan factor-faktor yang menyebabkan siswa menggunakan strategi membaca yang berbeda-beda.