Improving Students’ Ability in Writing Recount Text Using Jumbled Sentences Technique for First Grade Students of SMK PGRI 3 Malang
Main Author: | Nurpitasari, Intan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/175315/ |
Daftar Isi:
- Menulis adalah salah satu keterampilan produktif setelah keterampilan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount dengan menggunakan kalimat acak. Ada tiga masalah yang ditemukan selama studi pendahuluan di SMK PGRI 3 Malang. Masalah-masalah tersebut adalah mengekspresikan ide, menggunakan tata bahasa dan mengatur paragraf. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas satu Teknik Sepeda Motor A SMK PGRI 3 Malang. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan satu siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan tes. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah persentase siswa 70% harus sama atau lebih besar skor 75 sebagai nilai kelulusan minimum (KKM). Penelitian ini menggunakan lima langkah dalam mengimplementasikan kalimat acak yaitu; a. baca semua kalimat yang acak, b. mengidentifikasi orientasi atau kalimat topik, c. cari acara atau ceritanya, d. mengidentifikasi orientasi ulang atau kesimpulan, e. mengidentifikasi struktur bahasa seperti kata kerja, kata keterangan dan kata hubung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan siswa dalam menulis dengan menggunakan kalimat acak. Para siswa dapat mengatasi kesulitan mereka dalam mengekspresikan ide, tata bahasa, dan struktur teks recount. Hasil skor persentase siswa dalam pra-tes adalah 38% dari siswa memenuhi KKM. Setelah post test, skor mereka meningkat dan ada 88% siswa mendapat nilai 75 atau lebih. Siswa lulus skor minimal dan mencapai kriteria keberhasilan dalam penelitian ini. Peneliti menyarankan kepada guru untuk menggunakan kalimat campur acak sebagai model dalam proses belajar mengajar menulis. Hal ini dapat membantu siswa untuk memahami fitur bahasa, struktur teks, dan isi teks. Sementara itu untuk penelitian lebih lanjut, peneliti menyarankan untuk menggunakan kalimat acak pada subjek yang berbeda atau keterampilan yang berbeda, atau genre teks yang berbeda.