Representasi Kebudayaan Jepang dalam Iklan Shinzu’i Ume Body Mist versi Ume Love Story (Analisis Semiotika Roland Barthes)
Main Author: | Pratiwi, Diana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/175310/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menggunakan objek berupa iklan produk parfum berjudul Shinzu’i Ume Body Mist versi Ume Love Story yang menceritakan tentang empat orang gadis Jepang bernama Ayumi, Keiko, Iseya, dan Hatsune, yang tengah menjalani program pertukaran pelajar di Indonesia. Keempatnya akan terhubung dengan seorang pemuda bernama Arif di sekolah tempat mereka menjalani program pertukaran pelajar. Cerita tersebut disajikan dalam 9 bagian yang dipublikasikan setiap seminggu sekali mulai dari 7 Mei 2018 hingga 11 Juni 2018. Fokus penelitian ini terletak pada naskah teks dan visualisasi iklan parfum Shinzu’i Ume Body Mist versi Ume Love Story. Dengan lebih berkonsentrasi pada makna yang diciptakan oleh tanda-tanda verbal dan nonvebal yang digunakan dalam iklan, penelitian ini ingin menjelaskan makna denotasi dan konotasi yang dimilikinya serta mengidentifikasi kebudayaan-kebudayaan Jepang yang ada dalam iklan tersebut menggunakan teori Semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukan beberapa representasi kebudayaan Jepang yang ditemukan dan berhasil diinterpretasikan melalui berbagai tanda verbal maupun non-verbal, yaitu penggunaan bahasa Jepang baik dalam lisan maupun tulisan, adanya huruf hiragana dan kanji Jepang, seifuku, bunga prem atau aprikot Jepang, bunga sakura, yukata, dan boneka kokeshi. Tanda-tanda tersebut merembes masuk ke dalam teks guna menjadi daya tarik produk dan turut mempromosikan budaya-budaya Jepang.