A Study of Demotivation Factors at English Classes in POLTEKAD Malang
Main Author: | Azizah, Khodijah Ismatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/175262/ |
Daftar Isi:
- Motivasi merupakan hal yang sangat penting bagi siswa dalam mempelajari sebuah bahasa, motivasi memiliki lawan kata yaitu demotivasi. Demotivasi merujuk pada faktor-faktor yang berlawanan dengan motivasi dan menurunkan minat siswa untuk belajar Bahasa Inggris di dalam kelas dan berpartisipasi di dalam kelas. Untuk mengetahui faktor yang paling menonjol dan faktor yang paling mempengaruhi tingkat demotivasi siswa maka peneliti menggunakan teori 9 faktor demotivasi yang dikemukakan Dornyei (2001) dan dua faktor tambahan yaitu Usia & Jabatan. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dan analisa deskriptif statistik dengan menggunakan seperangkat kuesioner yang dibagikan kepada 159 murid di Politeknik Angkatan Darat sebagai instrumen penelitian. Peneliti menggunakan teori 9 faktor Demotivasi dari Dornyei (2001) dan teori relasi kuasa yang di kemukakan oleh Richmond dan McCroskey (1992) untuk menganalisa temuan penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Gangguan dari Bahasa lain menjadi faktor yang paling menonjol dalam menurunkan motivasi siswa. Sedangkan,Sikap Negatif Terhadap Pembelajaran Bahasa Asing menjadi faktor terendah dalam menurunkan motivasi siswa. Berdasarkan hasil dari pertanyaan terbuka dapat disimpulkan bahwa, guru menjadi faktor yang paling menurunkan motivasi siswa dan ganguan dari bahasa lain menjadi faktor terkecil dalam menurunkan motivasi siswa. Usia dan Pangkat juga menunjukkan kontribusi seperti yang tercantum dalam pertanyaan terbuka dan hasil dua analisa kuesioner. Usia berkaitan dengan kegagalan yang pernah dialami siswa, sedangkan Pangkat berkaitan dengan relasi kuasa di dalam kelas. Peneliti berharap untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan metode campuran agar lebih mengetahui dampak dari Usia dan Pangkat dalam belajar Bahasa Inggris di kelas.