Implementasi Kebijakan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Sekolah Dalam Menunjang Pembelajaran Siswa(Studi di SMPN 3 Kepanjen)
Main Author: | Trisna, Shinta Anjani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/175248/ |
Daftar Isi:
- Pemenuhan sarana dan prasarana sekolah adalah, upaya yang dilakukan sekolah untuk memenuhi, sarana parsana sekolah sesuai dengan standar-standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah yang bertujuan untuk menunjang pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi kebijakan pemenuhan sarana dan prasarana sekolah di SMP 3 Kepanjen serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dihadapi sekolah dalam menerapkan implementasi kebijakan pemenuhan sarana dan prasarana sekolah dalam menunjang pembelajaran siswa. Proses penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2019 yang berlokasi di Kepanjen Kabupaten Malang dengan siklus penelitian di SMPN 3 Kepanjen. Indikator indikator sekolah yang diteliti yaitu prosedur yang dilakukan SMP 3 Kepanjen dalam pemenuhan sarana dan prasarana sekolah, aktor pelaksana dan penerima dalam pemenuhan sarana dan prasarana sekolah, kesesuaian pemenuhan sarana dan prasarana sekolah dengan Permendiknas No 24 Tahun 2007, pemenuhan sarana dan prasarana sekolah dalam menunjang pembelajaran siswa. Hasil penelitian bahwa dalam implementasi Kebijakan Pemenuhan sarana dan prasarana sekolah dalam menunjang pembelajaran siswa di SMPN 3 Kepanjen yaitu SMPN 3 Kepanjen dalam pemenuhan sarana dan prasarana sekolah menggunakan prosedur-prosedur yang sudah ada seperti, Perencanaan,pengadaan,Inventarisasi,Pemeliharaan,dan Penghapusan sarana dan prasarana sekolah. SMPN 3 Kepanjen.Siswa di SMPN 3 Kepanjen juga menuturkan jika sarana dan prasarana sangat mempengaruhi mereka dalam proses pembelajaran sehingga menurut mereka sangat penting agar sarana dan prasarana sekolah di SMPN 3 Kepanjn menjaga agar sarana dan prasarana sekolah tetap baik. Penulis merumuskan saran sebagai berikut: ada beberapa sarana dan prasarana sekolah yang belum begitu terawat sebaiknya dioptimalkan dalam pemeliharanya tidak fokus pada sarana prasarana sekolah yang baru, siswa juga ikut serta merawat sarana dan prasarana sekolah yang sudah ada , sehingga dengan adanya pemeliharaan dari tim sarana prasarana sekolah serta dari siswa, sarana prasarana sekolah akan awet dan tidak mudah rusak, dan yang terakhir tim vi sarana dan prasarana dapat menggunakan teori-teori implemtasi yang ada agar implementasi kebijakan dalam pemenuhan sarana dan prasarana sekolah dapat terstruktur dan mengerti dengan jelas langka apa yang akan dilakukan.