The Correlation between Students’ Self-Efficacy and Students’ English Learning Achievement in English Language Education Program Universitas Brawijaya

Main Author: Machdalian, Refly
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/175215/
Daftar Isi:
  • Studi ini membahas tentang korelasi antara efikasi diri mahasiswa dan pencapaian belajar Bahasa Inggris mahasiswa. Studi ini menggunakan teori dari Bandura (1994) tentang efikasi diri sebagai teori dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan korelasi antara efikasi diri dan pencapaian belajar Bahasa Inggris mahasiswa di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya. Studi ini menggunakan desain kuantitatif dengan motode korelasi. Ada 35 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya yang dipilih secara acak sebagai partisipan dalam studi ini. Untuk mengumpulkan data, sebuah kuisioner tentang efikasi diri diambil sebagai instrument dalam studi ini. Studi ini menggunakan Formula Momen Produk Pearson atau biasa disebut Pearson r untuk memproses data. Ditemukan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara efikasi diri mahasiswa dan pencapaian belajar Bahasa Inggris mahasiswa. Berdasarkan koefisien korelasi, hasil akhir dari korelasi berada pada angka 0.29 dan signifikasi berada pada angka 0.09 (> 0.05). Korelasi antara efikasi diri mahasiswa dan pencapaian belajar Bahasa Inggris mahasiswa tidak mampu menjadi signifikan dikarenakan hanya ada satu dari empat aspek kemampuan Bahasa Inggris di efikasi diri yang memiliki korelasi signifikan dengan pencapaian belajar Bahasa Inggris mahasiswa, yaitu aspek kemampuan menulis Bahasa Inggris. Sementara itu, aspek kemampuan yang lain tidak memiliki korelasi yang signifikan dengan kemampuan belajar Bahasa Inggris mahasiswa. Peneliti menyarankan kepada peneliti berikutnya untuk mengubah fokus dari penelitian tersebut. Yang mana peneliti berikutnya hanya perlu untuk fokus kepada korelasi antara satu aspek kemampuan Bahasa Inggris dari efikasi diri mahasiswa dengan pencapaian belajar Bahasa Inggris mahasiswa. Akan menjadi lebih mudah bagi peneliti berikutnya dalam hal menganalisa dan memperoleh data akhir.