Improving Students’ Motivation in Speaking by Using Flashcards (Classroom Action Research in SMPN 4 Batu)

Main Author: Sa’diyah, Nadia Febiyana Dwi Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/175198/
Daftar Isi:
  • Berbicara adalah sebuah kemampuan untuk memproduksi kata atau kalimat dalam pembelajaran bahasa. Tetapi, ada banyak kesulitan dalam belajar berbicara bahasa Inggris salah satu kesulitan dalam berbicara bahasa Inggris untuk pembelajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing adalah kurangnya motivasi siswa dalam berbicara Bahasa Inggris. Selain itu, Mengajar berbicara Bahasa Inggris dalam kelas bahasa asing lebih kompleks dari pada mengajar kemampuan lainnya. Untuk meningkatkan motivasi siswa dalam berbicara guru harus menggunakan teknik yang tepat dan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam berbicara Bahasa Inggris dengan menggunakan media belajar yaitu Flashcard. Metode penelitian pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu cycle yang terdiri dari empat pertemuan. Penelitian ini menggunakan lima instrumen untuk mengumpulkan data, yaitu angket, pedoman wawancara, ceklis observasi, catatan lapang, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah 28 siswa kelas VIII C di SMPN 4 Batu. Temuan dalam penelitian ini membuktikan bahwa flashcards dapat meningkatkan motivasi siswa dalam berbicara bahasa Inggris. Berdasarkan angket motivasi berbicara siswa, persentase nilai rata-rata kelas dari nilai motivasi siswa sebelum diberi perlakuan dari 61.17% (cukup) meningkat menjadi 80.64% (tinggi) setelah diberi perlakuan. Siswa yang termasuk dalam katagori motivasi tinggi sampai motivasi sangat tinggi juga mengalami peningkatan dari 4 siswa (14.3%) menjadi 27 siswa (96.5%). Hasil dari angket persepsi siswa terhadap penggunaan media flashcards menunjukan hasil yang positif. Banyak siswa yang merasakan manfaat yang positif dari penggunaan media flashcards. Selain itu, dari ceklist observasi untuk partisipasi siswa dan ceklist observasi untuk penggunaan media juga meningkat setiap pertemuannya. Akhirnya, Peneliti menyarankan kepada guru Bahasa Inggris untuk menggunakan flashcards sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi di kelas.